Menu

Mode Gelap

Daerah Lain 11:28 WIB ·

Ada apa dengan Tiko dan Ibunya?


					Ada apa dengan Tiko dan Ibunya? Perbesar

BBOneNews.Id – Berbagai pihak dan kalangan sedang mebicarakan Tiko dan Ibunya. Ada apa dengan Tiko dan Ibunya? kenapa terjadi hal tragis ditengah masyrakat kita, dan apakah mereka satu-satunya kejadian sosial di Negeri tercinta ini. Sungguh sesuatu yang memprihatinkan jika sistem sosial kita lemah atau bahkan terabaikan, terlebih jika pihak yang berwenang tidak berfungsi atau memfungsikan diri sebagai pihak yang minimal mengawasi dan melindungi rakyatnya. Beruntung, hal ini tidak terjadi dan akhirnya menjadi ‘berita viral’ sehingga muncullah ‘social awarness’ kita.

“Kalau kami lihat – amati (penyebab kejiwaan Eny) mungkin faktor ekonomi, terus pikiran. Mungkin permasalahan keluarganya. Menghidupi seorang anak, itu mengganggu mentalnya,” ujar Ketua RT 06/RW 02, Kelurahan Jatinegara, Noves, Rabu (4/1).

Mengutip informasi dari beberapa pihak, bahwa terdapat fakta-fakta menarik terhadap kehidupan Tiko dan ibunya, sejak ayah Tiko meninggal dunia kira-kira 12 tahun yang lalu. Bahwa Tiko dan Ibunya mampu bertahan hidup tanpa air dan listrik. Air yang mereka dapatkan adalah dari tadah air hujan dan sumber air dari lingkungan sekitar, sehingga ‘rumah mewah’ tersebut terbengkelai sejak tahun 2010. Kondisi tersebut ‘berimbas’ pada putus sekolahnya Tiko pada SMP kelas 1. Seiring berjalannya waktu, Tiko meminta bantuan kepada warga sekitar untuk bekerja menjadi operator warung internet, hingga menjual perabot rumah demi memenuhi kebutuhan hidup. Pengurus RT,  menawarkan Tiko untuk menjadi (petugas) keamanan sampai saat ini, sperti penjelasan salahsatu pengurus RT.

Baca juga:  Siswa Kelas 3 SD Negeri Pasuruhan 1 Mertoyudan Magelang Menyelamatkan Sungai dari Sampah

Kebersamaan warga berlanjut dengan dibiayainya sekolah Paket C dan belajar setir mobil, sehingga jika da warga yang membutuhkan jasanya, bisa diberdayakan. Juga pernah ada upaya untuk membersihkan area rumah oleh warga, demikian informasi yang dapat kami himpun terkait dengan berita Tiko & Ibunya.

Artikel ini telah dibaca 32 kali

Baca Lainnya

Sudaryono Calon Gubernur Jawa Tengah Tebar Hewan Kurban di Magelang

17 Juni 2024 - 14:05 WIB

Jangan Salah Pilih Untuk Gubernur Jawa Tengah

16 Juni 2024 - 16:57 WIB

Safari Ramadhan BUMN 2024 Bagikan sembako murah

1 April 2024 - 13:54 WIB

BUDAYA POLITIK DALAM KONTESTASI PILEG PADA PEMILU 2024

14 Maret 2024 - 09:30 WIB

Diskusi Publik Komunitas NGOPI GEMILANG (Ngobrol Politik Gerakan Masyarakat Sipil Magelang) Quo Vadis DPRD Kabupaten Magelang 2024-2029

14 Maret 2024 - 08:03 WIB

Keluarga Masyarakat Nelayan Hayati Perjuangkan Nasib Nelayan

2 Februari 2024 - 08:38 WIB

Trending di Lainnya