Menu

Mode Gelap

DIY 12:21 WIB ·

Asean Tourism Forum 2023


					Asean Tourism Forum 2023 Perbesar

BBOneNews.Id – ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 yang akan digelar pada tanggal 2-5 Februari di Yogyakarta. Mengulang 21 tahun yang lalu saat Yogyakarta juga menjadi tuan rumah. Tema besar penyelenggaraan ATF 2023 adalah “Journey to Wonderful Destination”. Yogyakarta menjadi tuan rumah even tersebut berusaha untuk memperkenalkan keindahan Yogyakarta, keramahan warganya dan keberagaman budayanya kepada negara-negara ASEAN dan dunia.

ATF hadir setiap tahun sekali untuk membahas isu-isu dan potensi pariwisata di kawasan ASEAN. Event regional industri pariwisata ini mengundang 10 negara ASEAN ditambah India, Jepang, China, Korea Selatan dan Rusia. Dalam kesempatan kunjungan SandiagaUno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyampaikan bahwa; dia juga memilih Yogyakarta sebagai tuan rumah, sperti beberap negara anggota ATF lainnya karena Yogyakarta dimana ia ingin selalu kembali dan menjadi salah satu Destinasi Super Prioritas (Super Priority Destination).

Baca juga:  Menara Kopi Malioboro menampilkan Grup Band Mileneal

Pertemuan forum pariwisata ASEAN tingkat Menteri dan Pejabat Senior akan dibagi dalam beberapa sesi, antara lain Pertemuan Menteri Pariwisata ASEAN; Pertemuan Menteri Pariwisata ASEAN bersama Tiongkok, Jepang dan Korea, Pertemuan Menteri Pariwisata ASEAN-India, Pertemuan Menteri ASEAN-Rusia,  Pertemuan ASEAN Plus Three NTOs; Pertemuan Kelompok Kerja Pariwisata ASEAN-India, Pertemuan Konsultasi Pariwisata Rusia – ASEAN.

Harapan dan ekspetasi dari pertemuan ini adalah; kerja sama tersebut meliputi pemasaran, investasi, sumber daya manusia, dan pembahasan pariwisata berkelanjutan. Outputnya adalah pernyataan bersama dari para Menteri ASEAN; ada kajian tentang bagaimana kita dapat melaksanakan Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan di ASEAN setelah COVID-19 di negara-negara ASEAN; dan terakhir, ada kajian Mutual Recognition Arrangements for Tourism Professional, bagaimana pelaku industri di negara-negara ASEAN dapat bekerja dalam mobilitas di negara-negara ASEAN, itu output yang diharapkan,” jelas Martini (Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Parekraf).

Baca juga:  Kabar Gembira untuk Wisatawan

“Target seller adalah 250 peserta pameran dari kawasan ASEAN dan 250 pembeli dari negara anggota ASEAN dan negara lainnya,” kata Rizki.

Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah Yogyakarta, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Bendara berharap ATF 2023 menjadi pintu gerbang untuk menjadi destinasi unggulan di Asia Tenggara.

Artikel ini telah dibaca 42 kali

Baca Lainnya

Sinta Kusumaningrum Caleg Wanita Dapil Sleman

12 Oktober 2023 - 21:48 WIB

PT Jawara: Eksibisi Gemilang di Pameran Ina Marine di JI Expo Jakarta

23 Agustus 2023 - 12:09 WIB

Program Telur Penanggulangan Stunting Daerah Istimewa Yogyakarta

8 Agustus 2023 - 19:00 WIB

Jumat Barokah Bang Jack Ramai Dikunjungi Warga Sekitar

4 Agustus 2023 - 07:31 WIB

Muscab MPC Bantul Terselenggara Sukses

31 Juli 2023 - 14:35 WIB

Deklarasi Papera di Pasar Wonogiri: Upaya Menjembatani Pedagang Tradisional Menghadapi Perdagangan Global

18 Juli 2023 - 09:34 WIB

Trending di Ekonomi & Bisnis