Menu

Mode Gelap

Digital & Tekno 15:34 WIB ·

Awas Bahaya Media Sosial Bagi Kesehatan Mentalmu


					Awas Bahaya Media Sosial Bagi Kesehatan Mentalmu Perbesar

BBOneNews.ID – Hampir semua orang memiliki akun media sosial tidak sedikit juga yang Bahkan memiliki hingga 2 akun media sosial dalam satu platform. Selain untuk melihat  foto kucing-kucing lucu, media sosial juga mempunyai manfaat untuk meluaskan koneksi si Indah sebagai bentuk kebebasan berekspresi.

Namun di luar dari manfaat tersebut tidak sedikit orang yang justru merasa cemas atau khawatir lantaran terlalu sering bermain medsos. Dan berikut ini adalah beberapa kondisi kecemasan yang dapat muncul akibat terlalu sering bermain media sosial.

Cemas ketika tidak memegang smartphone

Pernah tidak ketika kamu tidak memegang ponsel, kamu merasa begitu cemas dan mencari-cari ponsel kamu. Atau mungkin, kamu harus selalu menggenggam ponsel walau ketika sedang berbicara dengan orang lain.

Baca juga:  Deklarasi Dukung Prabowo - Gibran di Lumbung PDIP Banyumas

Jika kamu mengalami kondisi tersebut, sehingga kamu tidak bisa lepas dari ponsel dan mengabaikan sekelilingmu, mungkin saja kamu tengah mengalami apa yang disebut Fear Of Missing Out (FOMO) terhadap media sosial.

Cemas ketika smartphone tertinggal atau habis daya

Terlalu sering bermain media sosial juga dapat membuat kamu merasa gelisah ketika smartphone kamu Tertinggal atau kehabisan daya. dan efek dari terlalu sering bermain media sosial dapat memicu kecemasan tersebut.

Cemas ketika tidak ada sinyal

Bagi mereka yang yang terlalu sering bermain media sosial mungkin akan merasa  cemas ketika tidak ada sinyal. Dan kamu akan terus membuka smartphone kamu untuk memastikan bahwa sinyal telah ada.

Baca juga:  Merokok Membunuhmu

Kepercayaan diri menurun

Seringkali kamu merasa tidak percaya diri ketika melihat foto-foto orang lain bertebaran di media sosial kamu. Kamu akan merasa cemas dan gelisah karena tidak sekeren mereka, atau tidak mempunyai pengikut sebanyak mereka.

Cemas ketika kehilangan kabar terbaru di media sosial

Ketika kamu tidak membuka media sosial,  Kamu akan selalu memikirkan apa yang teman-temanmu atau orang lain unggah di media sosial. Kamu akan merasa khawatir jika melewatkan sesuatu. Bahkan perasaan khawatir tersebut akan terus ada selama beberapa jam setelahnya.

Ketika kamu mengalami kondisi cemas seperti itu, berarti kamu sedang mengalami kondisi yang bernama Fear Of Missing Out (FOMO) sehingga membuat kamu cemas secara berlebih. FOMO merupakan kondisi dimana kamu akan merasa khawatir jika tidak bergaul atau ketinggalan berita dan tren yang sedang terjadi di detik ini.

Baca juga:  Khasiat Buah Alpukat

Dan itulah beberapa kondisi kecemasan yang dapat menimpa kamu apabila kamu terlalu sering bermain media sosial. Untuk itu, mari kurangi bermain media sosial secara berlebihan agar efek kecemasan tidak kamu alami.[]

Artikel ini telah dibaca 40 kali

Baca Lainnya

Transisi Menuju Dewasa, Seperti Apa Itu?

14 Agustus 2023 - 10:40 WIB

Mengeksplorasi Potensi Anak Muda

14 Agustus 2023 - 10:34 WIB

Kesejahteraan Psikologis Remaja

14 Agustus 2023 - 10:29 WIB

Cara Efektif Mengelola Stres Belajar

14 Agustus 2023 - 10:11 WIB

Mengembangkan Rasa Percaya Diri pada Generasi Muda

14 Agustus 2023 - 10:06 WIB

Dampak Media Sosial terhadap Kesehatan Mental Anak Muda

14 Agustus 2023 - 10:00 WIB

Trending di Digital & Tekno