Menu

Mode Gelap

DIY 08:40 WIB ·

Berita Liburan Nataru 2022


					Berita Liburan Nataru 2022 Perbesar

BBOneNews.Id – Berikut berita terkini terkait Pariwisata Yogyakarta. Sebanyak 7,8 juta orang diperkirakan masuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta selama libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Masyarakat diimbau untuk mewaspadai sejumlah ruas jalan rawan macet dan rawan longsor.

“Saat awal koordinasi dengan Pemerintah Pusat, perkiraan orang yang masuk ke dIY saat libur Nataru ini sekitar 7,8 juta orang. Kalau secara nasional ada 60,6 juta orang,” kata Kepala Dinas Perhubungan DIY, Ni Made Dwipanti Indrayanti, Rabu (14/12/2022).

Dia menuturkan perkiraan itu berdasatkan kalkulasi 5 juta orang dari luar DIY dan 3,7 juta orang DIY serta ada 0,9 juta yang keluar dari DIY. Dengan penghitungan itu, diperkirakaan ada sekitar 7,8 juta orang yang berada di wilayah DIY selama libur Nataru tahun ini.

Baca juga:  Harlah PPM 42

Terkait kepadatan yang ditimbulkan, dia menyampaikan rekayasa arus lalu lintas saat libur Nataru akan menyesuaikan dengan kondisi di lapangan. Tindakan itu akan dilakukan melalui koordinasi dengan kepolisian.

Made menyampaikan jika di suatu jalur terjadi kepadatan arus lalu lintas yang berlebih, rekayasa akan dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari pengalihan arus hingga manajemen traffic light dipersimpangan jalan.

“Nah ini sedang kami siapkan antisipasinya karena banyak orang yang masuk ke DIY,” ujarnya.

Made menjelaskan ada sejumlah akwasan yang akan diantisipasi, salah satunya kondisi Jembatan Glagah yang beberapa waktu lalu mengalami kerusakan. Pengalihan arus kemungkikan akan dilakukan.

Selian lokasi itu, lanjutnya, Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Parangtritis yang biasanya macet saat libur Nataru. Hal ini karena banyak wisatawan yang ingin ke lokasi wisata itu.

Baca juga:  Komnas PPLH DIY segera terbentuk

“Salah satu antisipasi kami adalah memfungsikan jembatan Kretek II untuk dimanfaatkan, tetapi sampai saat ini masih dalam taraf koordinasi, belum jadi keputusan,” katanya.

Jembatan Kretek II ini diharapkan menjadi salah satu ruas yang dapat memecah arus lalu lintas sehingga kendaraan tidak menumpuk di Kawasan Parangtritis. “Karena ini jalan nasional, Bantul sudah meminta izin ke Pemerintah Pusat,” ujarnya.

Pemda DIY juga harus mengantisipasi kemungkinan kemacetan di jalur Piyungan-Patuk yang sempat longsor beberapa waktu lalu. Jalur ini telah selesai diperbaiki sehingga sudah bisa dilewati saat libur Nataru. Ia berharap konstruksi yang dibangun tersebut kuat dan mampu menahan beban arus yang diperkirakan meningkat. Demikian berita terkait liburan Nataru 2022-2023 dilansir dari beberapa sumber; SoloPos, HarianJogja dan pantauan langsung wartawan BBOneNews.

Artikel ini telah dibaca 21 kali

Baca Lainnya

Sinta Kusumaningrum Caleg Wanita Dapil Sleman

12 Oktober 2023 - 21:48 WIB

Heri Waskito dan Kampung Batik Laweyan

14 Agustus 2023 - 11:20 WIB

Program Telur Penanggulangan Stunting Daerah Istimewa Yogyakarta

8 Agustus 2023 - 19:00 WIB

Muscab MPC Bantul Terselenggara Sukses

31 Juli 2023 - 14:35 WIB

Hari Sungai Nasional Menguak Relief candi Borobudur dan Spiritual Sungkem Sungai

28 Juli 2023 - 13:29 WIB

Don Muzakir Didampingi Setyawan Dibroto Memulai Tahun Baru 1445 Hijriyah dengan Perjalanan Spiritual ke Makam Soeharto

19 Juli 2023 - 15:09 WIB

Trending di Jawa Tengah