Menu

Mode Gelap

Kesehatan 14:04 WIB ·

Hobi Pelihara Hewan, Healing Murah Meriah


					Hobi Pelihara Hewan, Healing Murah Meriah Perbesar

BBOneNews.ID – Banyak orang yang memutuskan untuk memelihara hewan karena sangat suka dengan hewan tersebut. Tidak sedikit juga yang memutuskan memelihara hewan karena hobi semata. Ada juga yang bahkan menganggap bahwa hewan-hewan tersebut merupakan bagian dari anggota keluarga.

Terlepas dari apa hewan yang sedang kamu pelihara, ternyata hobi memelihara hewan memiliki banyak manfaat yang baik bagi kamu, dan berikut beberapa manfaatnya.

Mengusir stres

Hampir semua orang pernah mengalami stres. Stres akan membuat tubuh kamu memproduksi hormon kortisol secara berlebihan. Stres juga dapat menyebabkan tekanan darah dan daya imun tubuh akan menurun akibat stres sehingga membuat tubuh kamu mudah terserang penyakit.

Dengan memelihara hewan peliharaan dapat menjadi alternatif guna mengusir stres, apalagi jika memelihara hewan merupakan hobi kamu. Itu karena bermain bersama hewan akan menurunkan hormon kortisol kamu sembari meningkatkan hormon serotonin, oksitosin, serta dopamin dalam tubuh kamu.

Baca juga:  Darah Garuda, Menulis Ulang Sejarah dalam Layar Lebar

Kedua hormon tersebut akan menciptakan rasa bahagia senang serta membuat kamu tenang ketika sedang dilanda stres. Hormon tersebut juga akan meningkat seiring waktu bermain yang kamu habiskan bersama hewan.

Menyehatkan jantung

Mendapatkan jantung yang sehat tidak hanya dari makanan dan minuman saja. Beberapa penelitian menunjukkan jika memelihara hewan dapat menurunkan trigliserida dan kolesterol yang menjadi pemicu penyakit jantung. Itu sebabnya memelihara hewan juga akan dapat menyehatkan jantung kamu.

Tensi darah akibat stres juga dapat turun karena ikatan batin antara majikan dan hewan peliharaan yang kuat. Penelitian lain juga lanjutkan jika seseorang mengidap penyakit jantung namun memiliki hewan kesayangan, buka seseorang tersebut akan bertahan lebih lama ketimbang yang tidak memilikinya.

Mencegah alergi

Banyak orang yang berpikiran jika memelihara hewan seperti anjing atau kucing dan tinggal bersama pemiliknya akan rentan terkena alergi. Nyatanya tidak demikian. 

Baca juga:  KKSB Aksi Bersih Kali Sileng Menjaga Lingkungan Sekitar Candi Borobudur

Menurut seorang dokter anak dari University of Wisconsin-Madison menyimpulkan jika memiliki hewan peliharaan berbulu nyatanya memiliki risiko yang lebih rendah terhadap alergi dan asma. Hewan peliharaan justru akan membantu menguatkan sistem imun anak karena telah terbiasa terpapar alergen.

Mengurangi rasa sakit

Hewan peliharaan ternyata bisa menjadi alternatif guna mempercepat pemulihan pasca operasi. Itu ditunjukkan pada sebuah penelitian yang dimuat di jurnal Anthrozoos. 

Dalam jurnal tersebut menyatakan jika orang yang sedang menjalani masa pemulihan pasca operasi akan menghabiskan waktu sekitar 15 menit akan lebih sedikit minum obat anti nyeri. Lain halnya dengan orang yang tidak didampingi hewan peliharaan pasca operasi akan lebih banyak meminum obat anti nyeri.

Membantu mengobati kanker

Seorang pasien yang yang yang memiliki hewan peliharaan, pemulihannya akan terbantu pasca operasi. Selain itu, hewan peliharaan juga dapat membantu mengobati kanker.

Baca juga:  Menghadapi Kesepian di Usia Senja

Cara kerjanya sama dengan ketika melepaskan stres, yakni hewan peliharaan akan membuat pikiran pasien lebih tenang dengan bermain bersama hewan peliharaan tersebut.

Mengusir kesepian

Semua orang pernah merasakan kesepian, dan jika dibiarkan berkembang yang dapat menimbulkan depresi penyakit jantung hingga menyebabkan alzheimer bahkan demensia. Namun dengan memelihara hewan untuk menemani hari-hari kamu akan menghilangkan rasa sepi dan efektif untuk menghilangkan kesendirian.

Mengoptimalkan kerja otak

Memiliki hewan peliharaan juga akan membantu kamu dalam mengasah otak terutama menajamkan fungsi kognitif otak. Fungsi tersebut termasuk pada kemampuan berpikir, mengingat, memperhatikan, memecahkan masalah dan membuat keputusan serta berbahasa.

Dan itulah tadi beberapa apa manfaat dari memelihara hewan. Jadi mulai sekarang, cobalah untuk memelihara beberapa hewan peliharaan untuk memiliki segudang manfaat darinya.

Artikel ini telah dibaca 14 kali

Baca Lainnya

Menghadapi Kesepian di Usia Senja

15 Agustus 2023 - 16:47 WIB

Strategi untuk Manula

15 Agustus 2023 - 13:45 WIB

Tips Psikologis untuk Manula

14 Agustus 2023 - 10:48 WIB

Cara Menguatkan Mental Manula

14 Agustus 2023 - 10:44 WIB

Hari Sungai Nasional Menguak Relief candi Borobudur dan Spiritual Sungkem Sungai

28 Juli 2023 - 13:29 WIB

Siswa Kelas 3 SD Negeri Pasuruhan 1 Mertoyudan Magelang Menyelamatkan Sungai dari Sampah

17 Juli 2023 - 11:10 WIB

Trending di Hot News