Menu

Mode Gelap

Kesehatan 22:15 WIB ·

Jangan Berkumur dengan Obat Kumur Beralkohol, Kenapa?


					Jangan Berkumur dengan Obat Kumur Beralkohol, Kenapa? Perbesar

BBOneNews.ID – Selepas menyikat gigi kadang rasanya kurang tanpa berkumur. Rasanya ada yang masih ganjal dan terasa bau. Maka menjadi hal umum bagi kita hari ini untuk selalu berkumur setelah ritual menyikat gigi. Dengan menyikat gigi, rasanya mulut wangi dan keset. Benar, kan?

Nah kadang kita kalau tidak teliti sering mendapatkan produk di pasaran membeli produk berkumur yang mengandung alkohol. Produk berkumur yang mengandung alkohol ini ternyata memiliki potensi yang tidak baik bagi kesehatan gigi dan mulut kita.

Kandungan alkohol dalam produk kumur ini menjadikan kondisi mulut terhidrasi. Akibatnya mulut menjadi iritasi lalu menimbulkan bau tidak sedap karena komposisi mikroorganismeyang tidak seimbang karena pengaruh zat keras alkohol.

Baca juga:  Hercules dipanggil KPK?

Dengan kondisi seperti itu, bakteri baik dikalahkan dengan bakteri jahat. Bakteri jahat ini yang menimbulkan bau tidak sedap di mulut. Selain itu juga menyebabkan masalah lain.

Tidak heran saat ini, penggunaan kadungan alkohol dalam zat berkumur mulai ditinggalkan dan berkurang drastis. Selain alasan halal, tapi juga alasan dampak yang tidak baik bagi kesehatan gigi dan mulut.

Jadi ketika membeli produk kumur, perhatikanlah kandungan dalam komposisi produk yang ada. Jika ada kandungan alkohol, lupakanlah.

Berkumur sebagai aktivitas normal dan sehat bagi kehidupan saat ini memang bagus bagi kesehatan gigi dan mulut. Setidaknya dengan menambahkan ritual berkumur dengan obat kumur, kondisi gigi dan mulut kita menjadi lebih bersih 20 persen dibandingkan hanya dengan menyikat gigi.

Baca juga:  Melepaskan Segala Keinginan

Gimana menurutmu?

Artikel ini telah dibaca 54 kali

Baca Lainnya

Menghadapi Kesepian di Usia Senja

15 Agustus 2023 - 16:47 WIB

Strategi untuk Manula

15 Agustus 2023 - 13:45 WIB

Tips Psikologis untuk Manula

14 Agustus 2023 - 10:48 WIB

Cara Menguatkan Mental Manula

14 Agustus 2023 - 10:44 WIB

Siswa Kelas 3 SD Negeri Pasuruhan 1 Mertoyudan Magelang Menyelamatkan Sungai dari Sampah

17 Juli 2023 - 11:10 WIB

KKSB Aksi Bersih Kali Sileng Menjaga Lingkungan Sekitar Candi Borobudur

2 Juli 2023 - 11:55 WIB

Trending di Hot News