Menu

Mode Gelap

Digital & Tekno 10:22 WIB ·

Jangan Kenalkan Ini pada Anak Anda, Apa itu?


					Jangan Kenalkan Ini pada Anak Anda, Apa itu? Perbesar

BBOneNews.ID – Kehadiran gadget hari ini sudah bukan lagi menjadi hal yang baru. Hampir semua orang memiliki gadget, tidak terkecuali dengan anak-anak yang sejak dini sudah diperkenalkan benda dengan layar berukuran lima inch tersebut.

Untuk itu, sebagai orang tua kamu perlu memikirkan kembali untuk memberi si buah hati gadget sejak usia dini. Dan berikut ini beberapa hal yang harus diketahui oleh orang tua mengenai dampak buruk gadget bagi proses tumbuh kembang si anak.

Obesitas

Usia balita biasa disebut sebagai golden age. Itu adalah proses dimana masa tumbuh kembang anak sedang berlangsung dengan pesat. Salah satunya karena motorik serta otak si anak bekerja dua kali lebih cepat. 

Baca juga:  Tantangan Industri Konten Kreator RI

Namun ketika si anak sudah bermain dan terpengaruh gadget, itu akan berdampak pada kesehatan dan proses tumbuh kembang motorik karena jarang bergerak. Itu juga akan menghambat anak untuk mengenal serta mengeksplorasi lingkungannya.

Kurangnya Bersosialisasi

Saat buah hati sedang asik bermain gadget, ia kerap kali akan melupakan sekitar dan hanyut dalam dunianya sendiri. Selain itu, mereka menjadi tidak peduli dengan berbagai hal yang terjadi disekitarnya. Jika ini terus dibiarkan, maka anak akan tumbuh menjadi seorang yang tidak percaya diri dan kurang mampu untuk bersosialisasi. 

Karena itu, orang tua harus memperhatikan sejak dini, bahwa ada waktunya dimana si anak boleh atau tidak menggunakan gadget.

Baca juga:  Tantangan Mental Anak Muda di Era Digital

Mudah Terpengaruh

Jika anak telah mengenal dunia gadget, sebaiknya orang tua lebih memperhatikan si anak. Jika tidak, bisa saja si anak tidak disengaja menonton atau bermain game dengan menampilkan banyak adegan kekerasan.

Jika dibiarkan, maka anak yang terpengaruh oleh gadget akan menunjukkan sikap dan perilaku yang sulit diatur bahkan mengarah ke sikap agresif.

Dan itulah beberapa dampak buruk bagi buah hati jika mengenalkan gadget terlalu dini. Memang, peran orang tua sangat dibutuhkan disini. Dan untuk itu, orang tua jangan sampai lalai terhadap kewajibannya sebagai orang tua.[]

Artikel ini telah dibaca 31 kali

Baca Lainnya

Transisi Menuju Dewasa, Seperti Apa Itu?

14 Agustus 2023 - 10:40 WIB

Mengeksplorasi Potensi Anak Muda

14 Agustus 2023 - 10:34 WIB

Kesejahteraan Psikologis Remaja

14 Agustus 2023 - 10:29 WIB

Cara Efektif Mengelola Stres Belajar

14 Agustus 2023 - 10:11 WIB

Mengembangkan Rasa Percaya Diri pada Generasi Muda

14 Agustus 2023 - 10:06 WIB

Dampak Media Sosial terhadap Kesehatan Mental Anak Muda

14 Agustus 2023 - 10:00 WIB

Trending di Digital & Tekno