Menu

Mode Gelap

Kesehatan 14:26 WIB ·

Jurus Sakti Anti Pikun, Makan Makanan Ini!


					Jurus Sakti Anti Pikun, Makan Makanan Ini! Perbesar

BBOneNews.ID – Banyak yang menganggap jika pikun disebabkan oleh usia yang semakin bertambah. Pikun juga dapat mengacu pada gejala penurunan fungsi otak yang disebabkan oleh demensia. Untuk itu kamu perlu menjaga kesehatan otot dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi untuk mencegah terjadinya penurunan daya ingat.

Banyak yang membuat orang mengalami pelemahan daya ingat walau usianya masih sangat muda. Itu bisa terjadi karena protein lemak sehat, bisa juga karena kurang istirahat atau pola tidur yang tidak normal.

Bisa juga karena minimnya asupan nutrisi karena tidak seimbang untuk dapat memengaruhi perkembangan otak. Untuk itu penting bagi kamu untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi. Dan berikut ini beberapa jenis makanan yang ternyata dapat mencegah pikun.

Baca juga:  Laskar Pelangi, Kisah Inspiratif di Balik Kegigihan dan Pendidikan

Coklat Hitam

Coklat hitam merupakan salah satu makanan yang banyak digunakan untuk program diet. Selain itu coklat hitam juga dapat meningkatkan fungsi kognitif pada otak serta menurunkan risiko pikun. Itu karena coklat hitam memiliki kadar gula yang rendah lantaran terdapat epikatekin yang dibutuhkan otak.

Telur

Telur memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yakni setiap 100 gram telur mengandung 13 gram protein. Untuk itu telur sangat baik untuk kesehatan otak. Selain protein, keluar juga memiliki kandungan kolin yang dapat meningkatkan daya ingat serta mencegah terjadinya pikun.

Susu

Selain kalsium, susu juga mengandung kolin yang sangat baik serta membantu mencegah terjadinya pikun. Dengan mengonsumsi susu secara rutin maka daya ingat kamu dapat terjaga serta dapat mencegah resistensi insulin dan resiko diabetes tipe 2.

Baca juga:  Seribu Manfaat Konsumsi Ikan Lele

Brokoli

Brokoli mengandung vitamin k yang dapat menjaga kesehatan dan kenormalan fungsi otak. Mengonsumsi brokoli setiap hari akan mencegah kamu dari kepikunan.

Minyak ikan

Pada minyak ikan terdapat kandungan asam lemak omega 3 seperti DHA dan EPA yang penting bagi kesehatan otak. Omega 3 juga dapat ditemukan pada ikan seperti salmon, makarel, tuna dan lainnya.

Kunyit

Selain mampu mengatasi masalah pencernaan, ternyata kunyit juga bermanfaat untuk otak. Kunyit sangat bagus untuk kesehatan otot karena kandungan kurkumin dapat mempertahankan daya ingat pada otak.

Walnut

Walnut merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang sangat jarang di Indonesia. Walnut mengandung sumber asam alpha-linolenic yang merupakan omega-3 nabati yang dicerna tubuh menjadi DHA dan EPA. Dimana kedua kandungan tersebut merupakan nutrisi yang paling dibutuhkan otot yang tidak ditemukan pada jenis kacang lainnya.

Baca juga:  Tantangan Mental Anak Muda di Era Digital

Dan itulah beberapa jenis makanan ternyata dapat mencegah pikun.

Artikel ini telah dibaca 16 kali

Baca Lainnya

Menghadapi Kesepian di Usia Senja

15 Agustus 2023 - 16:47 WIB

Strategi untuk Manula

15 Agustus 2023 - 13:45 WIB

Tips Psikologis untuk Manula

14 Agustus 2023 - 10:48 WIB

Cara Menguatkan Mental Manula

14 Agustus 2023 - 10:44 WIB

Siswa Kelas 3 SD Negeri Pasuruhan 1 Mertoyudan Magelang Menyelamatkan Sungai dari Sampah

17 Juli 2023 - 11:10 WIB

KKSB Aksi Bersih Kali Sileng Menjaga Lingkungan Sekitar Candi Borobudur

2 Juli 2023 - 11:55 WIB

Trending di Hot News