Menu

Mode Gelap

Kesehatan 10:41 WIB ·

Khasiat Ampuh Lada, Apa Saja?


					Khasiat Ampuh Lada, Apa Saja? Perbesar

BBOneNews.ID – Dalam istilah ilmiah, lada bernama pipper nigrum L. Lada termasuk dari keluarga Piperacea. Dan lada berasal dari india selatan. Lada atau yang biasa kita sebut merica mempunyai bentuk bulat. Diameternya 5 mm. Dan punya bentuk yang keras dan terasa pedas. 

Di setiap negara, nama dari lada beragam. Di belanda misalnya, lada disebut peber. Perancis menyebut lada sebagai poivre, sedang di Jerman pfeffer. Dan lain sebagainya.

Lada biasanya digunakan sebagai bumbu dapur dan penyedap masakan. Lada juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati beragam penyakit seperti sakit kepala, asma, frigiditas, bahkan impotensi.

Bumbu dapur ini mengandung zat cavisin yang membawa sifat pedas. Dan jika masuk ke dalam tubuh manusia, dapat mengurangi rasa sakit. Itu karena senyawa–senyawa cavisin, saat masuk ke dalam tubuh akan meredam aktifitas otak saat otak menerima sinyal rasa sakit yang disalurkan ke sistem saraf. Sehingga itu akan membuat rasa sakit yang tadinya tinggi menjadi berkurang.

Baca juga:  Manfaat Tidur Siang

Lada sangat baik dikonsumsi bagi penderita sinusitis yang mudah terkena flu dan pilek. Itu karena lada mengandung senyawa yang dapat mengencerkan dahak dan lendir di rongga hidung. Saluran napas yang awalnya sesak akan menjadi lega. 

Lada juga kerap dipakai untuk meningkatkan gairah seksual. Khasiat ini diperoleh karena pada lada banyak mengandung senyawa boron, calamene dan vacrol. Senyawa tersebut mampu merangsang pengeluaran hormon androgen dan estrogen, sebagai pembangkit gairah seksual.

Selain itu, lada dipercara dapat mengatasi frigiditas dan impotensi. Senyawa pada lada berkhasiat mengatasi bau keringat, haid yang tidak teratur, tulang keropos, panas dalam, rematik, asam urat , asma, sakit gigi, dan hernia. 

Baca juga:  Arti Purel dalam Bahasa Gaul Jawa

Lada juga dapat mengatasi penyakit kulit seperti kurap, kadas dan eksim. Jika kamu mudah terserang sakit kepala berat dengan gejala serasa ditekan di kedua pelipis, tulang hidung, dan tulang muka, maka sering–seringlah untuk memakan lada.[]

Artikel ini telah dibaca 11 kali

Baca Lainnya

Menghadapi Kesepian di Usia Senja

15 Agustus 2023 - 16:47 WIB

Strategi untuk Manula

15 Agustus 2023 - 13:45 WIB

Tips Psikologis untuk Manula

14 Agustus 2023 - 10:48 WIB

Cara Menguatkan Mental Manula

14 Agustus 2023 - 10:44 WIB

Siswa Kelas 3 SD Negeri Pasuruhan 1 Mertoyudan Magelang Menyelamatkan Sungai dari Sampah

17 Juli 2023 - 11:10 WIB

KKSB Aksi Bersih Kali Sileng Menjaga Lingkungan Sekitar Candi Borobudur

2 Juli 2023 - 11:55 WIB

Trending di Hot News