Menu

Mode Gelap

Hot News 22:38 WIB ·

Manuver atau Strategi SandiagaUno


					Manuver atau Strategi SandiagaUno Perbesar

BBOneNews.Id – Politik memang penuh dengan strategi bahkan manuver-manuver yang tidak terduga. Ada sebuah ‘pergerakan’ dari seorang tokoh muda mileneal; Sandiaga Salahudin Uno, yang juga sebagai Menteri di kabinet Presiden Joko Widodo. Apakah ini bagian dari strategi atau manuver seorang SandiagaUno? Pengamat Politik, Refly Harun turut menyoroti perkembangan akan hengkangnya Sandiaga Uno dari Partai Gerindra.

Dirinya mencium ada sesuatu dalam isu tersebut dan tak sebatas perpindahan seorang tokoh politik dari satu partai menuju partai lainnya.

Pengamat Politik, Refly Harun turut menyoroti perkembangan akan hengkangnya Sandiaga Uno dari Partai Gerindra.
Dirinya mencium ada sesuatu dalam isu tersebut dan tak sebatas perpindahan seorang tokoh politik dari satu partai menuju partai lainnya.
Menurutnya, Sandiaga merupakan seorang tokoh politik yang cocok untuk menjadi calon presiden dan calon wakil presiden namun terhalang oleh Prabowo Subianto.

Baca juga:  Sandiaga masih di Gerindra?

“Kalau dia di Gerindra sepertinya peluang itu terputus atau tertutup, karena Gerindra tak pernah ada mekanisme domokratis kemudian menyatakan calon presidennya adalah Prabowo Subianto sebagai ketua umum dan itu sudah sejak tahun 2009,” ujarnya dikutip dari channel Youtube Refly Harun, kamis (29/12/2022).

Bagi Sandiaga Uno yang sudah berlaga dan mungkin juga ingin bertarung kembali, tidak ada cara lain kecuali melakukan manuver. Salah satu manuvernya itu adalah pindah ke PPP.

Tak hanya itu, dirinya juga mencium adanya andil dari istana yang menginginkan duet Ganjar Pranowo dan Sandiaga Uno untuk tercipta di Pilpres 2024.

“Besar dugaan Istana menginginkan seperti yang saya dengan adalah duet Ganjar Pranowo dan Sandiaga Salahudin Uno di satu sisi lalu duet Prabowo Subianto dan Erick Thohir di sisi yang lain. Itulah kira-kira endeorsement Istana. Tapi kita tahu bahwa untuk memajukan Ganjar itu maju mundur karena belum jelas sikap Megawati Soekarnoputri,” terangnya.
Sementara itu, Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengaku pernyataannya mengenai ihwal kepindahan Sandiaga Uno ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ternyata disambut baik partai berlambang Ka’bah tersebut.
“Saya lihat juga kemarin, statemen saya disambut meriah di PPP,” kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta pada Kamis (29/12/2022).

Baca juga:  Keren Bukan Berarti Memakai Narkoba

Menurut Dasco, sikap sumringah yang ditunjukan PPP memang sebagai pertanda semakin jelasnya informasi mengenai isu kepindahan Sandiaga. Meski tidak secara eksplisit, Dasco menyebut perihal waktu di akhir tahun yang membuat segalanya menjadi tampak lebih jelas.
“Kelihatannya memang sudah tanda-tanda mendekati akhir tahun menjadi jelas dan terarah,” kata Dasco.

Sebelumnya, Gerindra tidak menunggu pengunduran diri Sandiaga Uno menyusul kabar kepindahan Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra itu ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Menurut Dasco, surat pengunduran diri tidak dibutuhkan lagi dengan catatan memang Sandiaga telah beralih dan memilih dengan sendirinya menjadi kade partai berlambang Kakbah. Dasco sudah mengecek, sejauh ini memang belum ada surat pengunduran diri dari Sandiaga.

Baca juga:  Konsolidasi Tani Merdeka Jateng: menuju Pendirian Posko dan Kongres Tani Merdeka

“Tetapi di undang-undang partai politik kalau seseorang sudah beralih menjadi kader partai lain itu otomatis keanggotaan partai sebelumnya gugur,” ujar Dasco.

Karena itu, kekinian Gerindra menunggu waktu pengumuman resmi baik dari PPP maupun Sandiaga sendiri atas kepindahan dirinya dari Gerindra.

“Kita tunggu saja nanti rilis dari PPP atau rilis dari yang bersangkutan (Sandiaga),” kata Dasco.

Artikel ini telah dibaca 31 kali

Baca Lainnya

Safari Ramadhan BUMN 2024 Bagikan sembako murah

1 April 2024 - 13:54 WIB

Deklarasi Menangkan Prabowo – Gibran, Relawan Gibranku Purbalingga

15 Januari 2024 - 08:56 WIB

Konsolidasi Tani Merdeka Jateng: menuju Pendirian Posko dan Kongres Tani Merdeka

23 November 2023 - 08:43 WIB

Bolone Mase Yogyakarta Menggelar Ritual dan Mujahadah untuk Dukung Prabowo-Gibran

26 Agustus 2023 - 08:48 WIB

Relawan Bala Gibran Tegak Lurus Gibran Rakabuming Raka Cawapres Prabowo 2024

30 Juli 2023 - 12:28 WIB

Kang Maryo, Caleg Gerindra Kabupaten Cilacap: Siap Menangkan Pemilu 2024

22 Juli 2023 - 11:17 WIB

Trending di Jawa Tengah