Menu

Mode Gelap

Kesehatan 07:17 WIB ·

Mau Sehat? Ayo Bangun Pagi!


					Mau Sehat? Ayo Bangun Pagi! Perbesar

BBOneNews.ID – Bangun pagi merupakan kebiasaan yang begitu baik untuk kesehatan kamu. Bagi yang biasa bangun siang, memulai untuk bangun pagi merupakan kegiatan yang begitu susah. Waktu untuk dapat dikatakan bangun pagi yakni sebelum matahari terbit. Dan berikut adalah beberapa manfaat dari bangun pagi bagi kesehatan:

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Vitamin D adalah vitamin yang membantu meningkatkan kekebaan tubuh. Selain dari makanan, vitamin D juga diproduksi secara alami oleh tubuh ketika terkena sinar matahari. Berjemur di bawah sinar matahari selama 15-20 menit dapat mengoptimalkan dalam pembentukan vitamin D tersebut. Selain itu, udara pagi yang masih segar tersebut dapat membersihkan rongga paru-paru sehingga tubuh lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

Baca juga:  Jangan Lakukan Ini Jika Ingin Jagoan di Ranjang

Menjauhkan Dari Stres

Pagi adalah waktu yang baik untuk mengerjakan banyak kegiatan. Selain karena tubuh telah beristirahat, bangun pagi dapat juga membuat pikiran menjadi rileks. Dengan bangun pagi,kamu jadi mempunyai waktu untuk menyiapkan berbagai keperluan hari itu. Misalnya mempersiapkan sarapan tanpa terburu-buru ketika hendak berangkat ke kantor.

Kulit Lebih Cerah

Sinar matahari pagi, selain vitamin D, juga sangat baik untuk kesehatan kulit. Dengan mendapat sinar matahari yang cukup, tubuh kamu bakal terhindar dari penyakit kuning. Waktu yang cukup di pagi hari juga dapat kamu gunakan untuk melakukan perawatan kulit kamu sehingga kulit lebih halus, lembut dan cerah.

Emosi Lebih Stabil

Baca juga:  Strategi untuk Manula

Udara pagi masihlah bersih dari polusi. Oksigen dalam udara pagi dapat diserap secara maksimal oleh tubuh kamu. Dengan oksigen tersebut, tubuh merasa lebih nyaman dan turut berpengaruh secara positif terhadap emosi agar lebih stabil.

Menyehatkan Jantung

Udara pagi yang masih segar memberikan oksigen yang cukup bagi darah. Dan akan melancarkan peredaran darah. Hal tersebut akan berdampak baik bagi kerja organ tubuh. Dengan begitu, organ tubuh termasuk jantung sudah siap untuk bekerja secara optimal.

Menguatkan Tulang

Kalium adalah unsur penting bagi kesehatan tulang. Selain dari makanan, kalium juga didapatkan dari sinar matahari. Kekurangan kalium akan membuat kamu mengalami pengeroposan atau osteoporosis. Dengan bangun pagi dan berjemur, maka kebutuhan kalium bagi tubuh akan terpenuhi.

Baca juga:  Khasiat Alpukat untuk Tubuh Kita

Meningkatkan Fungsi Otak

Fungsi otak sangat dipengaruhi oleh oksigen dalam darah. Jika otak kekurangan oksigen, daya kerjanya juga akan melambat. Bahkan, sel-sel otak akan mati jika kamu tidak memperoleh oksigen selama lima menit. Udara pagi yang bersih mengandung banyak oksigen sehingga sangat baik bagi fungsi otak.

Selain memiliki banyak manfaat, kebiasaan bangun pagi akan membuat kamu siap untuk beraktifitas sepanjang hari. Untuk itu, yuk memulai kebiasaan bangun pagi.[]

Artikel ini telah dibaca 42 kali

Baca Lainnya

Menghadapi Kesepian di Usia Senja

15 Agustus 2023 - 16:47 WIB

Strategi untuk Manula

15 Agustus 2023 - 13:45 WIB

Tips Psikologis untuk Manula

14 Agustus 2023 - 10:48 WIB

Cara Menguatkan Mental Manula

14 Agustus 2023 - 10:44 WIB

Siswa Kelas 3 SD Negeri Pasuruhan 1 Mertoyudan Magelang Menyelamatkan Sungai dari Sampah

17 Juli 2023 - 11:10 WIB

KKSB Aksi Bersih Kali Sileng Menjaga Lingkungan Sekitar Candi Borobudur

2 Juli 2023 - 11:55 WIB

Trending di Hot News