Menu

Mode Gelap

Kesehatan 13:48 WIB ·

Menjaga Kesejahteraan Psikologis Manula


					Menjaga Kesejahteraan Psikologis Manula Perbesar

BBONENEWS.ID – Kesehatan mental memainkan peran penting dalam menjaga kualitas hidup di usia lanjut. Bagi manula, tantangan psikologis dapat muncul akibat perubahan fisik, sosial, dan lingkungan. Penting bagi mereka untuk mengadopsi strategi yang tepat guna menjaga kesejahteraan psikologis mereka.

Tantangan utama yang dihadapi manula adalah kesepian dan isolasi. Interaksi sosial yang berkurang akibat pensiun, kematian pasangan, atau perubahan dinamika keluarga bisa memicu perasaan kesepian yang merugikan kesejahteraan mental.

Kecemasan mengenai kesehatan dan finansial juga sering kali menjadi beban. Kekhawatiran ini dapat mengganggu kualitas hidup mereka dan meningkatkan tingkat stres yang berdampak negatif pada kesejahteraan psikologis.

Perubahan identitas juga memainkan peran penting. Setelah pensiun atau kematian pasangan, manula mungkin merasa kehilangan arah hidup atau peran yang selama ini mereka jalani. Ini bisa menimbulkan perasaan bingung dan kurangnya rasa makna dalam hidup.

Baca juga:  Jurus Ampuh Melawan Diabetes 

Penting bagi manula untuk mengembangkan keterampilan emosional. Belajar mengatasi kecemasan, mengelola emosi, dan menerima perubahan adalah langkah penting dalam menjaga kesejahteraan psikologis mereka di tengah tantangan usia lanjut.

Terlibat dalam interaksi sosial menjadi kunci dalam mengatasi kesepian. Manula perlu mencari peluang untuk berpartisipasi dalam kegiatan kelompok, klub, atau acara komunitas untuk memperluas jaringan sosial mereka.

Penerapan teknik relaksasi seperti meditasi dan yoga dapat membantu manula mengatasi kecemasan dan menciptakan ketenangan batin. Latihan ini membantu mengurangi stres dan meningkatkan perasaan kesejahteraan.

Merencanakan aktivitas baru setelah pensiun dapat memberikan tujuan dan arti baru pada hidup mereka. Aktivitas ini mendorong manula untuk tetap aktif secara fisik dan mental, yang berdampak positif pada kesejahteraan psikologis mereka.

Baca juga:  Bercinta di Pagi Hari adalah Jalan Bahagia Pasangan

Berbicara tentang perasaan dan tantangan kepada orang yang dipercaya dapat membantu manula mengurangi beban emosional. Dukungan sosial dapat membantu mereka merasa didengar dan dipahami.

Jika tantangan psikologis terasa berat, mencari bantuan profesional adalah pilihan bijak. Seorang psikolog atau konselor dapat memberikan panduan dan dukungan yang lebih spesifik sesuai dengan kebutuhan individu.

Akhir kata, menjaga kesehatan mental di usia lanjut memerlukan perhatian khusus. Dengan mengadopsi strategi yang mencakup interaksi sosial, pengembangan keterampilan emosional, dan dukungan sosial, manula dapat menjaga kesejahteraan psikologis mereka dan menjalani fase lanjut kehidupan dengan damai dan bahagia.[]

Artikel ini telah dibaca 4 kali

Baca Lainnya

Menghadapi Kesepian di Usia Senja

15 Agustus 2023 - 16:47 WIB

Strategi untuk Manula

15 Agustus 2023 - 13:45 WIB

Tips Psikologis untuk Manula

14 Agustus 2023 - 10:48 WIB

Cara Menguatkan Mental Manula

14 Agustus 2023 - 10:44 WIB

Siswa Kelas 3 SD Negeri Pasuruhan 1 Mertoyudan Magelang Menyelamatkan Sungai dari Sampah

17 Juli 2023 - 11:10 WIB

KKSB Aksi Bersih Kali Sileng Menjaga Lingkungan Sekitar Candi Borobudur

2 Juli 2023 - 11:55 WIB

Trending di Hot News