Menu

Mode Gelap

Life Style 15:11 WIB ·

Tips Membuat Playground Aman untuk Anak


					Tips Membuat Playground Aman untuk Anak Perbesar

BBOneNews.ID – Sebagai orang tua yang memiliki anak balita, pasti tidak asing dengan playground. Rumput artificial atau sintetis kerap dipilih oleh pengelola playground supaya anak-anak lebih aman saat bermain. Namun, benarkah rumput tersebut aman untuk anak?

Dengan membuat taman bermain berbahan rumput sintetis, anak dapat terhindar dari risiko terluka. Banyak sekali orang tua yang menggunakan rumput sintetis. Biasanya mereka memanfaatkan bagian belakang rumah dan gunakan ruang tersebut sebagai taman kecil untuk anak bermain. 

Mereka hanya perlu melapisi lantai dengan rumput sintetis. Kemudian menyiapkan beberapa mainan seperti kolam portable kecil, ayunan, dan lain-lain.

Isu rumput sintetis

Tidak sulit menemukan area publik yang lantainya terbuat dari rumput sintetis. Jika Anda suka bermain futsal, biasanya lantai lapangannya terbuat dari rumput sintetis. Jadi, tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Baca juga:  Jurus Ampuh Merawat Gigi dan Mulut

Namun, belakangan terdengar isu yang kurang enak didengar yang mengatakan jika bahan yang digunakan untuk membuat rumput artificial itu berbahaya, khususnya bagi anak-anak.

Itu lantaran penelitian yang hasilnya diterbitkan oleh jurnal ilmiah Chemosphere. Penelitian tersebut mengatakan jika terdapat mulsa karet dan karet tikar pada rumput artificial.

Dua bahan tersebut harus diperhatikan lantaran dapat menimbulkan efek yang berbahaya jika masuk ke dalam tubuh.

Namun, studi lain di Norwegia pada 2006 menjelaskan bahwa jika ada bagian kecil rumput sintetis terhirup, itu tidak akan menyebabkan gangguan kesehatan akut.

Penelitian lainnya pada tahun 2013 makin menguatkan bahwa rumput sintetis aman. Penelitian tersebut tidak hanya membahas mengenai bahan di dalam rumput sintetis, namun juga kemungkinan bahan rumput sintetis terhirup. Dan faktanya, potensi tersebut sangat kecil.

Baca juga:  Seberapa Berbahaya Pasanganmu?

Dari beberapa penelitian tersebut. Kesimpulannya, penggunaan rumput sintetis sangat aman. Bahkan untuk anak-anak sekalipun. Hanya saja, perlu diperhatikan supaya jangan sampai anak Anda mencabut rumput sintetis dan memakannya.[]

Artikel ini telah dibaca 23 kali

Baca Lainnya

Siswa Kelas 3 SD Negeri Pasuruhan 1 Mertoyudan Magelang Menyelamatkan Sungai dari Sampah

17 Juli 2023 - 11:10 WIB

KKSB Aksi Bersih Kali Sileng Menjaga Lingkungan Sekitar Candi Borobudur

2 Juli 2023 - 11:55 WIB

Omah Kopi Cokro: Mengungkap Keajaiban Kopi Liar Borobudur

2 Juli 2023 - 09:24 WIB

Menara Kopi Malioboro menampilkan Grup Band Mileneal

18 Juni 2023 - 21:27 WIB

Melepaskan Segala Keinginan

13 Juni 2023 - 01:52 WIB

Komunitas REEI Magelang Peduli Sungai Terdampak Limbah Pabrik

12 Juni 2023 - 14:41 WIB

Trending di Hot News