Menu

Mode Gelap

DIY 11:46 WIB ·

Komnas PPLH DIY segera terbentuk


					Komnas PPLH DIY segera terbentuk Perbesar

BBOneNews.Id – Komite Nasional Pengendalian dan Pemanfaatan Lingkungan Hidup (KOMNAS PPLH) terus mengembangkan kegiatannya baik dalam bentuk admisnistratif maupun kegiatan nyata ditengah-tengah masyarakat. Dalam hal ini Komnas PPLH DIY melakukan proses diri untuk membentuk formatur, seiring dengan perenceanaan kedepan sesuai dengan AD ART organisisai.

Mengutip dari isi AD ART, bahwa:

KOMNAS PPLH bertujuan:
(1) Meningkatkan kualitas dan produktivitas lingkungan hidup.
(2) Mengendalikan lingkungan hidup berupa tanah dan batuan, air, udara, serta biota yang hidup di dalamnya, agar terjaga kelestariannya dan berkelanjutan daya dukungnya bagi kehidupan.

(3) Membina para pemangku kepentingan dalam mengelola lingkungan hidupnya, termasuk di dalamnya kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan perizinan, pengelolaan limbah B3 dan Non B3 dari kegiatan industri/pabrik, pertambangan dan energi, agroindustri, kehutanan, kesehatan/rumah sakit, hotel/pariwisata, perumahan dan pusat perniagaan, serta pendidikan dan pelatihan agar mampu dalam mengelola lingkungan hidupnya.
(4) Meminimalisir pencemaran, kontaminasi, dan polusi dampak proses industri dan pembangunan dengan teknologi efektif termasuk di dalamnya menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pengolahan limbah menjadi produk metalurgi, energi baru terbarukan, bahan bangunan, dan produk-produk lainnya yang bermanfaat bagi kehidupan.
(5) Menyadari bahwa tidak semua limbah dapat diolah dan dimanfaatkan. Oleh karena itu, perkumpulan menyediakan fasilitas tempat penimbunan akhir atau “landfill” bagi
sebagian kecil limbah yang tidak dapat diolah/dimanfaatkan kembali.
(6) Turut serta membantu pemerintah dalam menegakan pelestarian lingkungan hidup. Termasuk di dalamnya ikut berpartisipasi dalam kegiatan pengkajian, penyelidikan, pencegahan dan pelaporan atas terjadinya pelanggaran hukum dan kerusakan fisik lingkungan hidup di daratan, perairan, dan udara.
(7) Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia Indonesia di bidang lingkungan hidup melalui penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan serta sertifikasi.

Baca juga:  Asean Tourism Forum 2023

Diharapkan bahwa Komnas PPLH mampu bersinergi dengan pemerintah dan pihak manapun dalam rangka menjaga ekosistem dan lingkungan secara berkelanjutan. [BBG-Jogja]

Artikel ini telah dibaca 134 kali

Baca Lainnya

Sinta Kusumaningrum Caleg Wanita Dapil Sleman

12 Oktober 2023 - 21:48 WIB

Program Telur Penanggulangan Stunting Daerah Istimewa Yogyakarta

8 Agustus 2023 - 19:00 WIB

Muscab MPC Bantul Terselenggara Sukses

31 Juli 2023 - 14:35 WIB

Hari Sungai Nasional Menguak Relief candi Borobudur dan Spiritual Sungkem Sungai

28 Juli 2023 - 13:29 WIB

Siswa Kelas 3 SD Negeri Pasuruhan 1 Mertoyudan Magelang Menyelamatkan Sungai dari Sampah

17 Juli 2023 - 11:10 WIB

Budi Waljiman S.H tokoh muda Jogja menuju Parlemen

6 Juli 2023 - 20:49 WIB

Trending di DIY