Menu

Mode Gelap

Kuliner 08:09 WIB ·

Kopi Gula Jawa


					Kopi Gula Jawa Perbesar

BBOneNews.Id – Ngletus Gula Jawa Sambil Ngopi dan Ngeteh adalah kebiasaan orang Magelang, bahkan mungkin orang Jawa Tengah pada umumnya. Kopi gula Jawa adalah cara khas menikmati 2 unggulan aseli Nusantara. Kini sejak borobudur menjadi target wisata nasional banyak wisatawan yang mulai tertarik dengan budaya dan tradisi ngopi di wilayah sekitar borobudur atau Muntilan maupun Magelang dan sekitarnya.

Tradisi ngopi dan ngeteh sudah tidak asing lagi di wilayah sekitar borobudur. Seperti yang terjadi di warung warung tradisional maupun warung makan. Bisa dipastikan tersedia Kopi Item dan Teh tubruk kentel.

Di kampung kampung ada sebuah tradisi unik minum kopi dan teh sambil ngeletus atau menguyah gula Jawa yang ada di Dusun dusun seputar industri kula Jawa asli, seperti di sekitar daerah Sriwedari, japunan, sraten, maupun sekitar borobudur seperti di sodongan maupun sekitar Majaksingi Borobudur, Magelang. Tradisi ini dilestarikan sampai sekarang kalau kita bertamu diantara dusun dusun di atas.

Baca juga:  Manfaat Bawang Merah yang Jarang Diketahui Orang Lain

Tradisi ngletus atau ngemut gula Jawa sebenarnya sudah berlangsung sejak nenek moyang masyarakat sekitar Magelang terkenal sebagai produsen gula Jawa. Teh kental dan kopi item yang tersaji dalam cangkir selalu disertakan dengan gula Jawa yang disajikan dalam gelas yang sama yang sudah diiris iris tinggal dikletus berbarengan dengan menyeduh kopi hitam atau teh kenthelnya.

Bahan teh biasa nya banyak dikenal secara umum yaitu teh catoet dan kopi itemnya biasanya hasil panenannya sendiri di kebun yang tumbuh liar seperti tidak terurus. Kopi ini akhirnya di kenal dengan Kopi Liar Magelang yang nikmatnya luar biasa dibanding dengan kopi kopi lain yang sudah populer sebelumnya.

Baca juga:  Mengenal Soto Madura

Segera nikmati ngopi dan ngeteh kenthel sambil ngletus gula Jawa di sekitar Magelang. Dengan kopi liar dan teh kenthelnya. [MbahRoso]

Artikel ini telah dibaca 58 kali

Baca Lainnya

Sambut September Ceria, Warung Soto Bang Jack adakan Kegiatan Jumat Barokah

1 September 2023 - 08:57 WIB

Jumat Barokah Bang Jack Ramai Dikunjungi Warga Sekitar

4 Agustus 2023 - 07:31 WIB

Siswa Kelas 3 SD Negeri Pasuruhan 1 Mertoyudan Magelang Menyelamatkan Sungai dari Sampah

17 Juli 2023 - 11:10 WIB

Don Muzakir Bersama Wakil Bupati Temanggung Kunjungi Pasar Legi Parakan

12 Juli 2023 - 09:55 WIB

KKSB Aksi Bersih Kali Sileng Menjaga Lingkungan Sekitar Candi Borobudur

2 Juli 2023 - 11:55 WIB

Omah Kopi Cokro: Mengungkap Keajaiban Kopi Liar Borobudur

2 Juli 2023 - 09:24 WIB

Trending di Kuliner